Terbuai Keindahan Tanjung Ringgit

Lombok Timur, NTB

April 2014

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit

Puas bersenang-senang di Gili Kondo, saya dan Agus (driver yang saya temui di Kota Mataram) melanjutkan perjalanan kembali ke arah ujung tenggara pulau Lombok. Tanjung Ringgit, menjadi target eksplorasi wisata saya berikutnya di Lombok Timur. Beruntung, saya ditemani Agus yang paham betul seluk-beluk Lombok. Ia mengarahkan kendaraan menuju daerah Jerowaru. Butuh waktu sekitar 2 jam dari Padak Guar (Gili Kondo) hingga akhirnya kami tiba di Tanjung Ringgit yang letaknya di Desa Pamongkang, Kecamatan Jerowaru. Tapi sebelumnya kami harus menghadapi sekitar 10 km terakhir jalan tak beraspal menelusuri hutan. Letak lokasinya sesudah Pantai Tangsi (pink), karena memang sejalur. Tenang, jalanannya masih kondusif dilalui kendaraan. Dan tak perlu takut tersasar, karena jalannya hanya satu jalur saja (tidak bercabang) dan mentok di Tanjung Ringgit, karena memang lokasi ini merupakan ujung daratan bagian tenggara Lombok.

IMG_5714

Akhirnya, sebuah Rambusuar yang menjulang tinggi menyambut kami di Tanjung Ringgit. Rambusuar ini menjadi ‘pintu gerbang’ menuju Tebing di Tanjung Ringgit. Disini, selain pemandangannya yang indah, juga terdapat beberapa situs peninggalan tentara Jepang jaman perang dunia II dulu. Letaknya sekitar 500 meter dari pintu masuk rambusuar. Jalan lanjutannya bisa dilalui kendaraan, namun kami harus menyisir pinggiran perbukitan kecil yang agak miring. Ini menjadi sensasi berkendara yang unik.

IMG_5715

Sayangnya tak ada marka (petunjuk jalan) lanjutan. Jadi kami harus mengira-ngira, sekitar 500 meter dari rambusuar, kami  turun dari kendaraan dan melanjutkan sedikit berjalan kaki di jalan setapak yang sudah ada.

Menelusuri jalan menuju lokasi Meriam Jepang.

Menelusuri jalan menuju lokasi Meriam Jepang.

Dan benar, kami menemukan sebuah meriam raksasa dibalik semak-semak yang mengarah ke laut lepas. Disini, ada beberapa Meriam yang tersebar. Tak ketinggalan, sebuah goa peninggalan jepang juga kami temui dibalik meriam tersebut. Sayangnya goa telah ditutup untuk menghindari pengunjung tersesat. Karena goa ini dikenal panjang bahkan bisa menembus hingga ke mulut goa lainnya yang letaknya di tebing bawah dekat laut.

 

Meriam Raksasa Peninggalan Jepang.

Meriam Raksasa Peninggalan Jepang.

 

Goa persembunyian di balik Meriam.

Goa persembunyian di balik Meriam.

Disini juga terdapat Sumur air tawar yang terletak di bawah tebing, dekat laut. Tak ketinggalan, Goa besar peninggalan Jepang (selain goa kecil di balik meriam). Tapi, untuk menuju kesana anda sebaiknya ditemani masyarakat lokal yang paham betul lokasi Tanjung Ringgit agar tidak tersesat. Tapi bukan hanya  situs peninggalan Jepang ini yang menarik untuk ditelusuri. Daya tarik utama Tanjung Ringgit ini justru terletak pada pemandangan alamnya yang menakjubkan dan belum tentu bisa anda temukan ditempat lain.

Welcome To Tanjung Ringgit

Welcome To Tanjung Ringgit

 

IMG_5739

Yup, Tanjung Ringgit dihiasi tebing karang nan eksotis yang menjulang tinggi dari permukaan laut.  Tebing karang eksotis lainnya pernah saya temui di Uluwatu Bali, tapi Tanjung Ringgit jauh lebih spektakuler bagi saya. Saya memutuskan untuk beristirahat sejenak, sambil menikmati deretan tebing berwarna krem kehitaman yang yang menjadi ujung tenggara pulau lombok ini.

IMG_5725

IMG_5740

Tembok tebing menjulang dengan tekstur seperti membentuk sebuah relief unik. Sementara bagian atasnya, daratan perbukitan rumput dengan beberapa pepohonan menghiasinya. Begitu kontras dengan laut biru bergradasi yang letaknya puluhan meter dibawah tebing. Deru ombak besar yang mengalun mengantam tebing karang akan membawa anda larut. Laut lepas Samudera Hindia dan Penampakan Pulau Sumbawa dari kejauhan menjadi pemandangan tambahan yang indah untuk dinikmati.

Berdiri diujung tebing,,

Berdiri diujung tebing,,

IMG_5737

Saya memilih menuruni pelan-pelan bukit yang menurun ini menuju sebuah pohon cantik yang berdiri manis di pinggir tebing.  Sungguh pemandangan yang luar biasa, sangat cocok bagi mereka pecinta fotografi. Tanjung Ringgit, layak disebut Mutiara yang Tersembunyi.

 IMG_5798

IMG_5799

 Saat sedang asik menikmati keindahan Tanjung Ringgit, kami bertemu dengan masyarakat lokal yang hendak memancing di bawah tebing.

Pergi memancing

Pergi memancing

Ya, disini merupakan salah-satu lokasi favorit masyarakat yang hobi memancing. Biasanya mereka memancing kerapu. Tapi, mereka terlebih dahulu harus menelusuri tebing ini, mencari jalan untuk turun kebawah. Mereka yang terbiasa sudah hafal dengan jalannya, tapi bagi mereka yang baru pertama kali mengunjungi tempat ini akan sulit untuk menemukan jalan turun kebawah. Jadi bagi anda yang penasaran ingin memancing di bawah tebing karang Tanjung Ringgit, sebaiknya menggunakan jasa masyarakat lokal yang terbiasa memancing disini, untuk menunjukkan jalan.

IMG_5793

Tak ada penjual makanan disini. Jadi sebaiknya anda membawa sendiri makanan anda. Dan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena disini tidak ada angkutan umum. Dari kota Mataram bisa ditempuh dengan berkendara selama 2 jam. Sungguh Tanjung Ringgit memiliki potensi besar untuk menjadi daerah wisata seru di Lombok Timur. Tinggal, Pemerintah Daerah-nya saja yang harus lebih berperan aktif mempromosikan dan tentu saja memperbaiki fasilitas dan jalur transportasinya.

SUNSET DI PANTAI TANGSI (Pantai Pink)

Pantai Tangsi (Pantai Pink), Lombok Timur, NTB.

Pantai Tangsi (Pantai Pink), Lombok Timur, NTB.

Saatnya saya pulang kembali ke Kota Mataram. Hari menjelang sore, masih ada waktu untuk saya  menikmati sunset di pantai Tangsi atau yang populer disebut pantai pink di Desa Sekaroh. Di Indonesia hanya ada dua pantai yang berpasir Pink, Pantai Tangsi (Lombok) dan Pantai Pink di Pulau Komodo NTT. Dan itu sudah saya nikmati beberapa bulan lalu. –>bisa diintip ceritanya di https://siskanurifah.wordpress.com/2013/10/04/bertamu-di-rumah-ora/

Pantai Pink di Nusa Tenggara Timur

Pantai Pink di Nusa Tenggara Timur

Saya pun harus melengkapinya dengan mengunjungi Pantai Tangsi. Nah, letaknya satu jalur dengan Tanjung Ringgit. Dari tanjung ringgit ke Pantai Tangsi hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Akan ada marka “Pantai Pink” sebagai petunjuk arah.

IMG_5914

Kendaraan harus kami tinggalkan di pintu masuk. Dan melanjutkan berjalan kaki sekitar 50 meter ke arah pantai. Di pintu masuk, ada penduduk lokal yang bertugas menjaga, jadi anda tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraan. Ya, sesampainya di sana, nuansa pantai begitu manis. Mungkin karena pantulan pasir pantainya yang memancarkan warna pink.

IMG_5840

Disini, anda bisa menikmati bersantai di pinggir pantai. Bagai anda yang ingin bersnorkeling disewakan alat disini oleh para penduduk lokal. Karena sudah menjelang matahari terbenam, Pantai Tangsi sudah nampak sepi dari pengunjung. Karena memang, kebanyakan datang di pagi hingga siang hari.

Butiran pasir berwarna merah yang membuat pantai berwarna pink.

Butiran pasir berwarna merah yang membuat pantai berwarna pink.

Pantai ini pun dikelilingi oleh tebing – tebing yang cukup tinggi, diatasnya ada beberapa pondok untuk anda bersantai sambil menikmati hamparan lautan lepas. Ombak pantai pink pun cukup tenang sehingga bisa nyaman bermain-main.

10001379_10203586274081201_197800492_n

Lapar atau haus? Deretan warung sederhana siap melayani anda. Sore ini saya bersantai sambil menikmati kelapa muda.

Gili Kondo , Tanjung Ringgit, dan Pantai Tangsi (Pink) beres dieksplor. Sungguh, pengalaman wisata yang luar biasa menjelajah Lombok Timur. ^_^

One thought on “Terbuai Keindahan Tanjung Ringgit

  1. Dear Mba Siska, Terima kasih untuk share pengalaman trip ke Lombok Timur diatas,
    saya berencana mengunjungi Lombok Timur minggu depan apakah Mba Siska masih menyimpan nomer telp Pak Jefry untuk sewa perahu dan jasa guide nya?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s