Marih Bersantai Di Kuta Lombok

Lombok, NTB

April 2014

Kuta Lombok

Kuta Lombok

Tak sekedar menikmati Pantai Batu Payung & Tanjung Aan. Rangkaian plesir saya di sisi selatan Pulau lombok ini pun ditutup dengan bersantai sambil menikmati kecantikan Pantai Kuta Lombok. Pantai ini terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, sekitar 45 menit dari Bandara Internasional Praya atau sejam dari Kota Mataram (54 kilometer tenggara kota Mataram).

IMG_6273

Pantai disini jauh lebih halus dan putih. Deburan ombak yang tenang mengalun perjalanan saya menelusuri pantai sambil bertelanjang kaki. Pemandangan sekitar, perbukitan, lautan yang biru begitu menghipnotis. Tak bosan-bosan memandang pantai ini. Siang itu, beberapa wisatawan asing pun terlihat asik berjemur dan berjalan santai di bibir pantai. Bagi wisatawan yang ingin menginap, beberapa hotel yang berdiri disepanjang jalan Kuta bisa menjadi pilihan anda. Letaknya pun dekat pantai, jadi anda bisa langsung berjalan kaki menuju pantai. Pantainya luas dan memanjang, jadi anda bisa puas bersantai dimanapun.

IMG_6293

Pantai ini juga tersohor dan menjadi primadona dari Pulau Lombok, dan kerap diselenggarakannya Bau Nyale. Yakni, upacara para pelaut mencari cacing Nyale di laut yang diadakan setahun sekali. Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri cantik bernama Putri Mandalika. Banyak sekali pangeran dan pemuda yang ingin menikah dengannya. Karena ia tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke air laut. Ia berjanji sebelumnya bahwa ia akan datang kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut. Biasanya, upacara adat ini diadakan setiap bulan Febuari atau Maret. Selain itu, ada beberapa pantai cantik yang masih bisa anda nikmati di kawasan Selatan, seperti pantai Seger, Mawi, Selong Belanak, Rowok dan Mawun.

IMG_6280

Disini, anda juga akan menemui beberapa penduduk lokal menawarkan kerajinan tangan khas Lombok seperti tenun ikat dan gelang-gelang etnik. Nah, disini dikenal, pedagangnya yang agak memaksakan pengunjung untuk membeli. Jadi jika memang anda tidak ada niatan membeli lebih baik menolak secara tegas tapi halus sedari awal. Seperti “Tidak, Terima kasih”, atau “Maaf, tidak”. Jangan pernah bilang, “Sebentar yah”, “nanti yah”, “tunggu,nanti setelah main”,basa-basi seperti ini tidak mempan, karena nanti akan disangka anda akan membeli setelah pulang, dan mereka akan setia menunggu anda.  Tapi jika memang anda ingin melihat-lihat, anda bisa meminta mereka menunggu, sambil anda main-main terlebih dahulu. Karena tenun yang dijual disini cukup murah dan bisa ditawar-tawar. heheheh ^_^

One thought on “Marih Bersantai Di Kuta Lombok

  1. Pingback: Kuta, Lombok Popularity & Trends - Blog Posts Over Time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s