Terpukau Kegagahan Batu Payung (Lombok)

Lombok, NTB

April 2014

IMG_6220 - Copy

Batu Payung

Saya begitu antusias ingin menikmati keindahan alam dari Pulau Lombok, rumah suku Sasak ini. Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Nanggu di bagian barat pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, memang tak diragukan lagi kemasyurannya. Tapi kali ini, saya ingin mencicip sesuatu yang berbeda. Saya memutuskan untuk bergeser ke bagian selatan pulau Lombok. Pantai Batu Payung di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah memancing rasa penasaran saya.  Masyarakat lokal, menyebutnya Batu payung karena bentuknya yang seperti payung. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau, yakni hanya sekitar 45 menit berkendara dari Bandara Internasional Praya ke arah selatan lombok yakni ke arah Pantai Kuta Lombok.

Hmm,,pernahkah anda melihat salah-satu iklan produk rokok. Adegannya, seorang pria tampan, pergi menyelam ke lautan mencari ikan. Setelah itu, ia pergi ke darat yang penuh dengan karang nan eksotis, membakar ikan dengan bumbu sederhana namun nikmat sambil duduk di sebuah karang dengan latar belakang sebuah batu tinggi menjulang yang berdiri gagah tepat di pinggir pantai. Ia pun menikmati sajian ikan, dengan teman-temannya sambil bersukaria. Ya, siapa saja yang menonton pasti mengira bahwa adegan tersebut diambil di luar negeri. Namun, siapa sangka ternyata pemandangan pantai nan eksotis tersebut berada di pesisir pulau lombok bagian selatan. Dialah Pantai Batu Payung.

 

IMG_6137

Usai berkendara, saya tiba di sebuah pantai yang menjadi pintu masuk menuju batu Payung. letaknya disamping kawasan Tanjung Aan. Setibanya disana, penampakan karang yang disebut Batu Payung tersebut belum bisa dilihat. Saya masih harus berjalan melewati karang pantai karena letak batu ini berada di balik bukit. Saya masih harus berjalan kaki, panas terik tak menyurutkan semangat saya tuk melihat si cantik yang pemalu ini. Beruntung,saya ditemani beberapa teman baru yang saya kenal di Lombok yang juga penasaran ingin melihat Batu Payung.

Berjalan menelusuri bibir pantai, menuju Batu Payung yang tersembunyi di balik bukit

Berjalan menelusuri bibir pantai, menuju Batu Payung yang tersembunyi di balik bukit

Berjalan menelusuri karang pantai juga menyajikan keindahan tersendiri. Batuan karang dan pecahan coral aneka warna yang terbawa ombak, menemani sepanjang perjalanan. Lekukan karang yang mirip ombak karena abrasi laut juga menarik perhatian. Tentu saja, dengan pemandangan bukit dan lautan biru yang eksotis menjadi kenikmatan tersendiri.

IMG_6164

Sekitar 10 menit berjalan kaki, sebuah batu karang besar yang menjulang tinggi berwarna krem kehitaman mengintip dari balik bukit.

Tibalah kami di Batu Payung

Tibalah kami di Batu Payung

Saya akhirnya tiba di Batu Payung. Rasa penasaran terjawabkan, saya terpukau dengan batu karang yang indah ini. Dan, memang bentuknya begitu unik mirip payung, yang mana bagian bawahnya lebih kurus kemudian membesar dibagian atasnya, bagai menggantung dan letaknya tepat terpisah menjorok ke laut, terpisah dengan karang bukit didekatnya. Bagian bawah yang kurus nampak begitu aneh, kuat menopang volume batu yang lebih besar diatasnya. Sementara, bagian bawahnya terhampar batuan karang dan sedikit ombak yang bermain.

IMG_6200

Kala itu, sedang surut, jadi kami bisa menyapanya lebih dekat. Jadi sebaiknya anda datang lebih siang atau menjelang sore, karena jika laut sedang pasang, ombak akan lebih besar, dan anda akan sulit mendekati batu ini.  Siang itu, beberapa turis lokal sibuk mengabadikan diri di bawah batu payung ini. Sungguh pemandangan yang tak bosan untuk dinikmati.

IMG_6217

Anda juga bisa sedikit mendaki bukit yang berada didekatnya. Dari sini anda bisa menyaksikan batu payung dari ketinggian, tak ketinggalan disajikan pemandangan spektakuler laut lepas dan perbukitan sekitarnya.

IMG_6184

 

IMG_6187

Masuk ke lokasi ini gratis, anda hanya cukup membayar parkir kendaraan saja. Selain lewat darat, anda juga bisa menjangkau pantai batu payung ini dari laut dengan menaiki kapal selama 10 menit dari Tanjung Aan dengan merogoh kocek sekitar Rp100 ribu hingga Rp150 ribu.

IMG_6194 - Copy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s