Segarnya Berenang Di Kolam Raja Karangasem

Mei 2012
Tirta Gangga, Karangasem

Tirta Gangga, Karangasem

 

Taman air kerajaan nan indah, dibalut arsitektur menawan. Disini, anda bahkan bisa merasakan sensasi berenang dikolam sang Raja.

 

DSCN5667

 

Puas menjelajahi Istana Raja dan Taman peristirahatannya, kini saatnya bersantai dan melepas penat di Taman Air Kerajaan, Tirta Gangga. Letaknya di dataran tinggi Desa Ababi, Karangasem, membuat situs wisata ini dipenuhi pepohonan rindang dengan suasana yang menyejukkan.

 

turis

Para turis mancanegara asik bermain di Taman Air 

 

Siang itu, ratusan pengunjung nampak memenuhi area taman seluas 1,2 hektar tersebut. Tak hanya turis lokal, turis asing yang kebanyakan berasal dari Eropa pun turun berkeliling dan menikmati keindahan taman air ini. Beberapa pengunjung terlihat asik berenang dan bermain air di sebuah kolam luas di alah-satu sisi taman.  Ya, Taman ini memang dipenuhi beberapa kolam yang tersebar di seluruh area. Terdapat dua buah kolam yang memperbolehkan pengunjung berenang didalamnya. Cukup merogoh kocek Rp10 ribu (dewasa), dan Rp5 ribu (remaja), para wisatawan bisa menikmati kolam luas sedalam 1 meter tersebut. Air yang berasal langsung dari mata air di pegunungan ini membuat airnya begitu dingin dan menyegarkan. Kandungan mineralnya pun dipercaya mampu membawa khasiat positif bagi siapa saja yang berenang.

Berenang di Kolam Raja

Berenang di Kolam Raja

 

“Airnya sejuk dan menyegarkan, panorama disini pun indah bisa belajar sejarah juga. Daripada main di pantai terus, disini jadi pengalaman tersendiri,” Ungkap Arya, 18 tahun, turis asal Jakarta yang kami temui sedang aik bermain air bersama kerabatnya.

 

DSCN5653

 

Terdapat pula satu kolam yang terletak agak sedikit menanjak ke dataran lebih atas. Disini, luas kolam lebih kecil dengan kedalaman kolam mencapai 2 meter. Konon, dahulu kolam ini sering digunakan sebagai permandian Raja dan keluarganya.

 

DSCN5661

Tak hanya, bisa puas berenang di kolam sang Raja. Taman air yang dirancang langsung oleh Raja Anak Agung Agung Anglurah Ketut karangasem di tahun 1957 ini pun menyajikan arsitektur taman yang mengangumkan. Kembali, Permainan gaya arsitektur Bali, Eropa dan China dimunculkan disini. Anda akan langsung disuguhkan dengan keindahan desain taman air yang mengaggumkan ditengah rimbunnya hutan perbukitan.

 

Air Suci

 

Air Suci

Sumber Air Suci Tirta Gangga

Memasuki area taman air, terdapat kolam cantik yang berisi kumpulan ikan koi aneka warna. Di kolam itu pula, terdapat belasan patung-patung diatas kolam yakni patung Ramayana, Baratayuda, dan lainnya yang menyebar diatas kolam. Disamping itu, terdapat pula pijakan-pijakan, yang membuat pengunjung bisa berkeliling di atas kolam cantik tersebut.  Ini merupakan salah-satu kolam favorit para pengunjung yang ingin bermain-main.

Sementara, air mancur pagoda tinggi yang menyemburkan air ditengah taman, dikelilingi beberapa patung-patung binatang dilengkapi bunga-bunga cantik menjadi keindahan tersendiri yang tidak luput dari pandangan. Patung dewa dan dewi berdiri anggun menghiasi taman cantik ini. Keindahannya dan ketenangan yang diberikan seolah membawa kita hanyut ke sebuah surga dunia.

 

DSCN5645

 

Sejak zaman dahulu, lokasi ini sudah sering digunakan Raja-raja karangasem untuk mandi, istirahat, dan bertapa. Namun, di masa Raja Terakhir, akhirnya dibangun taman air dengan berbagai arsitektur mengangumkannya.

Air yang mengaliri kolam-kolam ini bersumber dari mata air yang berada di bawah pohon beringin sakral yang berada diatas taman air ini. Air yang berasal dari pohon yang berusia lebih dari 400 tahun ini pun disakralkan dan sering digunakan sebagai air suci untuk berbagai acara adat dan keagamaan di pura-pura sekitar tirta gangga maupun berbagai pelosok Bali. Untuk mengambil air ini pun, harus langsung dari mata airnya di bawah pohon tersebut. Nama Tirta Gangga sendiri pun memiliki arti yang menganut filosofi hindu,  Tirta berarti air, sementara Gangga diambil dari sungai gangga di India (Hindu berasal). Yang berarti air yang disucikan.

Phon Beringin berusia ratusan tahun,didalamnya terdapat sumber mata air yang dipercaya suci

Pohon Beringin berusia ratusan tahun, didalamnya terdapat sumber mata air yang dipercaya suci

 

DSCN5649

 

Tirta Gangga hanya satu dari sekian situs termasuk Taman Soekasada yang sempat hancur lebur dihantam bencana meletusnya Gunung agung di tahun 1963,setelah akhirnya kembali dipugar dan dibuka tahun 2004 lalu. Taman air ini sempat hancur berantakan, bahkan saat ini muntahan lahar panas Gunung Agung masih bisa kita lihat dibeberapa suduh taman yang sudah berubah menjadi bongkahan batu besar yang hitam. Beberapa batu besar ini pun juga dijadikan bahan untuk patung-patung yang menghiasi taman.

 DSCN5669

Taman air ini dibuka sejak pukul  7 pagi hingga 18.30 wit dan hanya dibandrol tiket Rp10 ribu. Tak hanya menikmati keindahan taman air raja ini. Anda pun bisa menikmati sajian kuliner khas eropa. Di restauran Tirta Ayu yang berada di dataran atas taman ini. Di komplek taman air pun terdapat penginapan yang dibangung keluarga keturunan Raja, jika menginap disini anda memiliki full akses mengitari Taman air Kerajaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s