Wara-wiri Di Kota Seribu Sungai

Banjarmasin, Maret 2013

Helaian Indah Sasirangan 

 

Sasirangan

Sasirangan

Tidak afdol rasanya jika berkunjung ke Kota Banjarmasin, tanpa berburu kain tradisionalnya.  Sasirangan, kain adat suku Banjar menjadi incaran kami kali ini. Kain ini bisa anda temui di toko dan pasar disekitaran Kota. Namun, jika anda bosan berbelanja kain di Pasar, anda bisa mendatangi, industri rumahannya langsung. Kami pun memutuskan untuk menghampiri Rumah Haja Mahziah, salah-seorang perajin kain yang terletak di jalan Rajawali, Beruntung Jaya, Kota Banjarmasin.

Ibu Salah-satu Perajin kain Sasirangan

Ibu Mahziah, salah-satu Perajin kain Sasirangan di Kota Banjarmasin

Disini, anda bisa puas memilih aneka motif kain ini. Anda juga bisa melihat proses pembuatan kain ini. Sasirangan dibuat dengan teknik tusuk jelujur kemudian diikat tali rafia dan selanjutnya dicelup. Awalnya, kain dilukis motif, kemudian dijahit jelujur. Inilah yang menjadi tahap yang penting. Lama tidaknya proses jelujur, tergantung motif yang diinginkan. Motif ‘Sari Gading’ dikenal sebagai motif tersulit dan biasa membutuhkan waktu seharian untuk menjelujur satu kainnya. Usai dijelujur, barulah direndam dengan pewarna kain sesuai dengan keingin, setelah itu barulah dijemur.

Kain Sasirangan motif. Sebelum (Kanan) dan Sesudah (Kiri). Ini motif paling sulit.

Kain Sasirangan motif ‘Sari Gading’. masih berbentuk jelujur (Kanan) dan hasil akhirnya (Kiri).

Ada 16 motif sarirangan, antara lain Naga Belimbur, Sari Gading, Iris Pudak, Bintang Berhambur, Jajumputan, dan lainnya. Kain disini dibanderol Rp70 ribu hingga Rp250, tergantung bahan yang digunakan, ada katun, sutra, dan lainny. Anda bisa lebih berhemat, karena jika sudah masuk pasar harganya akan 2-3 kali lipat. Tapi, jika anda inging juga sekalian melihat pembuatan, sebaiknya datang di pagi hari.

Copy of banjarmasin 357

Martapura, Surga Batuan Cantik

Aneka Batuan Cantik di Pasar Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Aneka Batuan Cantik di Pasar Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Puas melihat proses pembuatan dan membeli kain Sasirangan, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Pasar Martapura. Waktunya, berburu beragam batuan cantik disini. Ya, di pasar yang hanya berjarak 45 menit berkendara dari kota Banjarmasin ini tersedia puluhan toko yang menawarkan aneka batuan mewah.

Ramenya pengunjung yang berburu bebatuan dan perhiasan. Tak ketinggalan aneka oleh2 :)

Ramenya pengunjung yang berburu bebatuan dan perhiasan. Tak ketinggalan aneka oleh2🙂

Jangan lupa harus pintar2   nawar ya...

Jangan lupa harus pintar2 nawar ya…

Mulai dari blue safir, zamrud, topaz, bahkan berlian juga tersedia disini. Anda bisa membeli batuañ aneka warna ini langsung. Tapi kebanyakan disini sudah dikreasikan menjadi beragam kalung, gelang, anting, cincin, dan asesoris lainnya. Tak ketinggalan, clucth, tas, dan lainnya.

Copy of banjarmasin 377

Copy of banjarmasin 383

banjarmasin 380

Copy of banjarmasin 396

Jika anda para perempuan, pasti Pasar Martapura ini bagai sebuah surga asesoris cantik. Harganyapun beragam mulai dari Rp5 ribu hingga puluhan jutaan, tergantung batuannya.

banjarmasin 395

Kebanyakan yang dijual disini, adalah batuan asli yang didulang dari bumi Borneo.  Dan, batuan ini memiliki harga yang sangat terjangkau hanya saja bila diikat dengan lapisan emas serta batuan berlian untuk mengelilinginya maka harganya akan menjadi selangit. Beberapa batuan pun memiliki mitos atau maknanya tersendiri. Misal, Blue Safir yang berarti keagungan, Zamrud berarti kemuliaan atau Giok yang berarti Kesehatan. Jadi, jika ingin membeli oleh-oleh untuk yang Terkasih, tempat ini sangat tepat.

Sedapnya Soto Banjar

Soto Anang Martapura, salah-satu rumah makan dengan Soto Banjarnya yang Maknyusss

Soto Anang Martapura, salah-satu rumah makan dengan Soto Banjarnya yang Maknyusss

Siang menyambut, perut kami mulai keroncongan. Nah,  belum ke Banjarmasin, jika tak menyantap Soto Banjar asli di Tanah Kalimantan. Kami memilih untuk singgah di salah-satu, rumah makan soto banjar yang terkenal disini, yakni “Depot Soto Anang Martapura” yang terletak di Jalan A. yani km 39, Martapura yang bisa anda tempu sekitar 30 menit dari pusat kota. Rumah makan ini ternyata sudah berdiri sejak tahun 1970an. Soto Banjar menjadi primadona para pecinta kuliner Banjarmasin. Soto terdiri dari isian ketupat, soun, ayam yang disuir, telur rebus, kacang dan perkedel. Dengan siraman kuah Banjar yang menyegarkan dan gurih. Spesialnya, telur yang digunakan untuk isian adalah telur bebek pilihan, dan suiran ayamnya adalah ayam kampung. Inilah yang membuat soto ini begitu nikmat menggoyang lidah. Karakter masyarakat Banjar memakan soto Banjar, langsung dicampur dengan kuah dan isiannya satu mangkok. Sementara, orang luar biasanya memesan dipisah alias ketupat atau nasi dan sotonya terpisah. Disini, anda juga bisa melakukan permintaan khusus jika ada isian yang tidak ingin anda masukkan. Sajian soto Banjar ini pun makin nikmat, dengan sate ayam bumbu kacang yang menjadi teman bersantap disini. Soto ini dibanderol dengan harga Rp15 ribu.

Soto Banjar

Soto Banjar

Namun, jika ingin yang spesial, yakni ditambah sepotong ayam, Rp25 ribu. Setiap harinya, rumah makan ini bisa melayani hingga lebih dari 150 porsi soto Banjar. Siang itu pun, terlihat rumah makan itu begitu penuh pengunjung sepanjang waktu. Kebanyakan masyarakat lokal, ada pula para wisatawan domestik. Saking populernya, rumah makan ini juga kerap didatangi pejabat dan selebriti ibukota, salah-satunya yang terakhir adalah Anang dan Ashanti. Anda juga bisa membeli lauk pedamping lainnya, seperti bebek bakar seharga Rp30 ribu. Rumah makan yang buka setiap hari dari pagi hingga malam ini pun memiliki lima cabang lainnya yang berada di Palangkaraya, Papua, hingga Surabaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s