Serunya Safari Malam (Puncak)

Juni 2012

 

Para pengunjung bersiap untuk mengikuti Tur Safari Malam

Para pengunjung bersiap untuk mengikuti Tur Safari Malam

Berjelajah membelah hutan di malam hari, ditemani angin dingin pegunungan yang bertiup. Tak berapa lama, lampu sorot memecah kegelapan, Sang Raja Hutan nampak meraung disirami cahaya sorot. Raungannya membahana memecah keheningan malam seolah menunjukan kekuasaannya di hutan ini. Sejenak, kita pun serasa menjadi pemburu yang berada di tengah hutan yang gelap. Ya, sensasi istimewa ini hanya bisa anda rasakan saat mengunjungi Safari Night di Taman Safari, Puncak, Bogor.

Mengunjungi kebun binatang memang sudah menjadi wisata yang biasa dilakukan untuk mengisi liburan. Tapi apakah anda pernah berkeliling kebun binatang di malam hari? Melihat satwa-satwa liar beraktifitas ditengah kegelapan malam?Tentu saja, sensasi akan jauh berbeda dibandingkan anda mengunjungi kebun binatang di siang hari.

Malam itu, tepat pukul 18.30 malam, gerbang utama Taman Safari kembali dibuka. Para pengunjung yang kebanyakan rombongan keluarga ini satu-persatu berdatangan. Mereka pun berkumpul di Arena rekreasi Taman Safari. Menginjak pukul 7 malam, rangkaian kereta wisata panjang berwarna merah cerah datang menghampiri, siap untuk mengantarkan pengunjung berjelajah.

Tak perlu takut kehabisan kereta, karena tersedia puluhan kereta yang nonstop secara bergantian berdatangan sampai seluruh pengunjung yang datang terangkut semuanya. Para pengunjung,  terlebih anak-anak terlihat antusias untuk berkeliling melihat satwa-satwa liar itu. Kereta mulai berjalan dan membelah kegelapan hutan, tanpa cahaya, hanya sesekali kumpulan nyala obor menghiasi perjalanan. Keretanya terbuka (tanpa jendela), sehingga pengunjung bebas menikmati perjalanan di kawasan Safari seluas 150 hektar di kaki gunung Pangrango ini.

Sekumpulan Beruang Madu membuka perjalanan safari malam. Untuk melihat hewan-hewan dikegelapan malam ini, lampu sorot dari kereta siap membantu anda melihat. Dilanjut, dengan aneka satwa lainnya seperti jerapah, kudanil, Gajah, hingga memasuki kawasan hewan buas seperti Harimau, Macan, Chetah, Panter, dan Puma. Satwa-satwa buas ini memang dikenal lebih aktif di malam hari. Beberapa satwa terlihat asik makan, bersantai, ada pula yang bermain di pepohonan sekitar kandangnya.

Semua berada di dalam kandang yang dibuat mirip dengan habitat aslinya. Namun, anda juga bisa melihat dari jarak dekat Banteng, Zebra dan Badak yang dibiarkan berlalu-lalang di jalanan yang menjadi rute. Selama perjalanan pengunjung pun dilarang untuk turun dari kereta dan memotret dengan flash, agar tidak menggangu aktifitas satwa terganggung.

Pemandu pun tak henti-henti menjelaskan berbagai hal mengenai satwa yang dilihat mulai dari jenis satwa, cara hidup, dan lainnya. Perjalananpun diisi dengan rute tanjakan dan turunan, sesekali kereta bergoyang mengikuti jalanan yang sedikit agak berbatuan. Di beberapa bagian pengunjung akan dikagetkan dengan efek pilar yang jatuh, dentuman senjata yang keras dan semburan api yang tinggi yang menyiratkan gambaran para pemburu liar yang merusak hutan. Anak-anak pun bisa belajar untuk lebih berani, dan menjadi pengalaman yang menarik bagi mereka.

 

Berfoto Bersama Harimau

 

siap menemani anda berfoto

Samantha siap menemani anda berfoto ^_^

Perjalananan bersama kereta wisata memakan waktu 45 menit dan berhenti kembali ke lokasi start semula. Usai berkeliling, kita beranjak ke area Baby Zoo. Samantha, anak Harimau Sumatera berusia 10 bulan, duduk santai ditemani pawangnya. Nisha, gadis kecil berusia 6 tahun pun terlihat tidak sabar ingin berfoto bersama. Setelah duduk disamping Samantha, Nisha yang dipangku ayahnya pun dengan berani mengelus-elus kepala Samantha.

“Seneng, seru, bulunya kayak boneka,” ujar lugu Nisha, 6 tahun yang terlihat gembira usai berfoto bersama Harimau.

 

Ya, area Baby zoo ini, anda dan keluarga bisa bercengkrama dengan beberapa bayi satwa. Mulai dari Harimau Sumatera, Harimau putih, dan Orang Utan. Anda tak perlu takut, berfoto bersama satwa-satwa liar ini karena sudah jinak dan terbiasa bersama manusia. Anda hanya perlu mengikuti beberapa petunjuk dari sang pawang, seperti tidak melakukan gerakan yang tiba-tiba saat di dekat satwa dan tidak memaksa satwa melihat ke kamera. Anda pun harus merogoh kocek tambahan untuk berfoto bersama satwa-satwa cantik ini. Cukup Rp15 ribu (ular dan Harimau) dan Rp20 ribu (orang utan)

Copy of _ROM0795

 

Tak mau ketinggalan

Yuk Samantha kita foto bareng,,,^_^

Tak sampai disitu saja, anda pun bisa mencoba beragam wahana bermain yang ada di arena bermain Safari night. Dilanjut, pertunjukan aneka satwa di Plaza Gajah. Orang Utan, Landak, ular, beruang, anjing-anjing lucu, dan lainnya beraktraksi bersama pawang-pawang mereka. Tentu saja, dengan alur cerita yang istimewa.

 

Pertunjukan

Fire Dance

Copy of Bog-Bdg-Ciwidey 030

Bog-Bdg-Ciwidey 026

 

Rangkaian wisata malam ini pun akhirnya ditutup dengan berbagai pertunjukkan akrobatik menarik, badut-badut profesional yang lucu, dan tarian api (fire dance), dari para yang mampu menghangatkan suasana malam ini. Jika lapar, anda dan keluarga bisa menikmati aneka sajian lezat dari restauran dan cafe yang tersedia. Dijamin, anda akan merasakan berbagai pengalaman yang seru bersama keluarga.

 

*sory baru sempat memposting n fotonya kurang banyak🙂

 

INFO

– Safari Night : Buka Sabtu 18.30-.selesai (biasanya pukul 11 hingga 12 malam)

– Tiket masuk Safari Night: 6 tahun – dewasa : Rp120 ribu, 6 tahun kebawah Rp110 ribu. Mobil: Rp10 ribu. Turis mancanegara 6-keatas Rp200 ribu,6 tahun kebawah Rp180 ribu. (mungkin sekarang sudah ada perubahan sedikit :p)

– Bagi yang tidak bawa kendaraan tersedia bis gratis yang mengantar dari gerbang utama loket hingga Plaza Gajah.

– Karena di akhir pekan, sebaiknya anda jalan lebih siang, kalau bisa sebelum pukul 5 sore sudah mencapai kawasan puncak. Agar tidak terjebak macet dan terkena jalur penutupan satu arah puncak.

– bawalah baju hangat (jaket atau sweater) karena udara puncak di malam hari cukup dingin.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s