Petualangan Ala Koboi (@ De’Ranch)

Juni 2012

Bog-Bdg-Ciwidey 063

 

Rompi kulit berwarna coklat sudah dikenakan, tak ketinggalan topi khas koboi dengan warna senadanya. Posisi pun sudah siap di pelana (saddle), tali kekang dihentakan, dan kuda hitam yang gagah pun berjalan perlahan. Ya, berkeliling sembari menunggangi kuda seperti ini bagaikan menjadi Koboi di peternakan daratan Amerika. Tak perlu jauh-jauh ke Benua Paman Sam, sensasi ini bisa anda rasakan saat berkunjung ke De’Ranch yang berada di kawasan dataran tinggi Lembang, Bandung, Jawa Barat.

Bog-Bdg-Ciwidey 067

 

Wisata Kuda Ala Cowboy, inilah tema yang diusung kawasan wisata yang terletak di jalan Maribaya, Lembang ini. Tiket masuk kawasan ini pun begitu terjangkau, hanya Rp5 ribu perorang. Anda pun bisa menukarkanb tiket dengan segelas susu segar gratis. Jika ingin berkuda ala koboi, anda dan keluarga cukup menghampiri Terminal Kuda, tempat kuda-kuda berkumpul. Sebelum menaiki kuda anda akan diberi rompi dan topi khas para koboi. Setelah itu barulah anda menaiki kuda dan berkeliling sambil ditemani para pemandu yang berjalan kaki disamping anda. Tak mau kalah, mereka pun berpakaian ala koboi lengkap dengan rompi dan topi khasnya. Anda akan ditemani berkeliling rute sejauh 600 meter berkeliling kawasan, dan sejenak melewati padang rumput. Sambil menikmati indahnya pemandangan dataran tinggi Lembang, dilatarbelakangi Gunung Putri, Gunung Tangkuban Perahu, dan Gunung Burangrang.

Bog-Bdg-Ciwidey 058

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum berkuda, pertama berat maksimal penunggang hanya boleh 80 kilogram. Tersedia pula beberapa kuda poni yang bisa digunakan anak-anak, mulai dari umur 2 tahun anak-anak bisa menungganginya asalkan orangtuanya turut membantu memegangi sambil berjalankaki. Sementara, bagi yang tidak ingin menunggang kuda, bisa menaiki delman bersama anak-anak anda.

Tak hanya wisatawan lokal, para turis asing pun kerap menghampiri wisata yang berdiri tahun 2007 ini untuk mencari sensasi berlibur yang berbeda. Salah-satunya, Jennice, yang datang dari Singapura. Gadis berusia 11 tahun ini, terlihat asik menunggang kuda mengelilingi kawasan D’Ranch ini.

“Saya suka kuda, dan di Singapura susah mencari tempat untuk berkuda seperti ini. Tempatnyapun nyaman, menyenangkan, saya sangat suka,” ungkap Jennice yang ditemui usai berkuda berkeliling.

Koboi dan Indian

Sesuai dengan namanya, kawasan seluas 5 hektar ini dibuat dengan nuansa peternakan (ranch) ala Amerika. Mulai dari bangunan yang serba kayu, berbagai kandang hewan, hingga alunan musik country memperkuat atmosfer nuansa koboy. Selain area berkuda, kawasan ini pun terbagi menjadi dua area, yakni area “Koboi” di bagian timur dan area “Indian” di barat.

Bermain bersama anak-anak Domba

Bermain bersama anak-anak Domba

Ayooo,,maem yang banyak,,,

Ayooo,,maem yang banyak,,,

Di area Koboi, anda bisa menemui terminal kuda yang menjadi titik start berkuda keliling, mulai dari bekuda besar, kuda poni, dan delman. di area ini anda juga bisa mengunjungi kandang kuda dan domba, sekaligus berinteraksi dan memberi makan mereka. Di area ini pun terdapat beberapa arena bermain.Salah-satu yang menarik “Gold Hunter”. Di arena berupa kolam air setinggi betis dengan dasar kumpulan batu dan pasir ini, anda akan berperan sebagai pemburu emas yang tersembunyi di bebatuan kecil di dasar kolam. Tak hanya anak-anak, para orang tua pun begitu menikmati berburu emas. Yang lebih mengasikkan, jika anda rajin dan mendapatkan banyak emas, anda bisa menukarkan dengan aneka hadiah yang dinilai dari berat pelorehannya. Anda akan berasa menjadi pendulang emas, layaknya di pertambangan daratan amerika.

 

Tim Neng Nong Neng bersiap ber

Tim Neng Nong Neng bersiap ber-flying fox

Bog-Bdg-Ciwidey 089

 

Yakk,,giliran eykee,,,

Yakk,,giliran eykee,,,

_ROM2159

Sementara, di area Indian, terdapat playground dengan dekorasi serba Indian, lengkap dengan rumah tradisional suku Indian. Anak-anak bisa puas bermain balon air, panahan, trampolin, hingga flying fox. Anda juga bisa mengunjungi kandang Sapi dan memberi makan langsung. Ingin seru-seruan bersama keluarga anda bisa bersama-sama belajar membuat cookies dan hasilnya bisa dibawa pulang.

Jika lapar, anda dan keluarga bisa bersantap di Pelana Hall. Meski temanya berbau koboy dan western, semua makanan yang dijual disini kebanyakan sajian khas nusantara. Mulai dari baso, soto, ayam bakar, gudeg, tongseng, dan lainnya. Tapi bagi yang datang kesini, wajib mencoba makanan favorit disini yakni sosis bakar yang lezat. Jangan lupa mengabadikan foto-foto berkuda anda di Photo Corner, dengan mencetak hasil foto dari kamera anda ke kaos dan mug yang disediakan. Cukup merogoh kocek Rp20 ribu untuk Mug dan Rp60 ribu untuk kaos, anda bisa membawa oleh-oleh unik.

Anda dan keluarga dijamin betah seharian berwisata disini. Pemandangan Indah dengan deretan pengunungan. Berada di ketinggian 1242 meter diatas permukaan laut membuat, suasana kawasan wisata ini begitu sejuk dengan udara yang segar. Lokasi ini pun begitu mudah dijangkau, yakni hanya sekitar 1,5 jam dari Bandung. Sangat tepat sekali sebagai alternatif wisata membangun kebersamaan bersama keluarga.

 

Info

– Lokasi: Jalan maribaya, no 17, Lembang, Bandung.

– Buka: 9 pagi-5 sore (senin libur)

– Tiket Masuk: Rp5 ribu/orang.

– berkeliling Naik Kuda besar Rp20 ribu

–  Berkeliling Kuda Poni Rp15 ribu/ 2x putaran

– Berkeliling Delman Rp25 ribu/putaran

– Tiket aneka arena permainan Rp15 ribu/orang

(kemungkinan ada perubahan harga.sebaiknya info lengkap lihat di http://deranchlembang.com)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s