Kabui, Tebaran Pulau Karang Nan Eksotis

Teluk Kabui, Raja Ampat, Papua Barat

Teluk Kabui, Raja Ampat, Papua Barat

-Oktober 2012-

Enam jam perjalanan udara kami dari Jakarta, meninggalkan rasa lelah dan pegal di sekujur tubuh. Tapi begitu menginjakkan kaki di tanah Sorong, Papua Barat, seketika rasa lelah menghilang berganti luapan rasa penasaran dan antusiasme besar, ingin segera mencicipi keindahan Kepulauan Raja Ampat. Tanpa basa-basi, kami pun langsung melanjutkan perjalanan laut menyebrang dari pelabuhan Rakyat dengan menaiki kapal besar. Keindahan sepanjang perjalanan laut ini bahkan sudah memicu antusiasme besar untuk segera mengeksplor Raja Ampat. Dua jam membelah lautan menuju Pulau Waigeo, kami pun akhirnya bersandar di Dermaga Waisai.

Selama ini, Wayag menjadi ikon Raja Ampat yang Tersohor hingga kepenjuru Dunia. Tebaran pulau-pulau karang yang begitu cantik, tak ketinggalan dunia bawah lautnya yang memukau. Tapi, untuk kesini, anda harus menghabiskan waktu 6 jam (pulang-pergi) dari Waisai. Sayangnya, waktu kami begitu terbatas. Hmm,,tapi kekecewaan kami yang tak sempat mengunjungi Wayag, terbayar dengan kesempatan mencicipi Teluk Kabui yang letaknya tidak terlalu jauh dari Waisai. Jangan salah, Teluk Kabui juga menawarkan sensasi keindahan alam yang tak kalah dengan Wayag. Keesokan paginya kami pun merapat menuju Kabui, dengan menaiki speedboat bersama wisatawan lainnya.

Lets Go!

Lets Go!

IMG_6652

Teluk Mayalibit

Teluk Mayalibit

IMG_6660

Selama perjalanan, kami disuguhkan pemandangan laut nan indah. Senangnya, karena langit begitu cerah pagi ini. Sebelum mencapai muka Kabui, kami melewati sejenak perkampungan Tanjung Besi. Rumah-rumah kayu sederhana berdiri di pinggiran pantai desa itu. Uniknya, meski hanya melewati perkampungan dari kejauhan diatas kapal yang kami tumpangi, bau semilir amisnya ikan tercium jelas. Maklum saja, para penduduk disini ternyata bermatapencaharian sebagai pembuat terasi.

Kampung Tanjung Besi

Kampung Tanjung Besi

IMG_6679

Tak sampai 1,5 jam, kami pun tiba di perairan Teluk Kabui. Pulau-pulau karang beraneka bentuk dan ukuran bertebaran dimana-mana. Kami pun berkeliling menikmati pulau-pulau karang bagai menggantung diatas laut. Kami seolah dibuat bagai mengitari sebuah labirin tebing karang. Sesekali kami melewati, tebing karang besar,dengan hutan hijau yang nampak kontras dengan laut. Kami menemui pemandangan unik, sebuah karang yang berdiri tegak dan tinggi, dengan sarang burung Rajawali di puncaknya. Saat kami mendekat tuk menyapa, sang Rajawali langsung terbang menghindar. Pemandangan Kabui sungguh indah, tak bosan rasanya berkeliling perairan bertabur karang cantik ini.

Ya, Kabui memang menjadi alternatif bagi pengunjung yang tidak sempat mengunjungi Wayag. Kondisinya yang mirip Wayag, membuat Kabui memiliki sensasi tersendiri bagi mereka yang mendatanginya. Bedanya, disini anda tidak bisa menaiki puncak pulau-pulau kecilnya untuk menikmati pemandangan keseluruhannya dari atas dan hanya bisa menikmati sensasinya dari bawah. Tapi, disini anda bisa bersnorkling di sekitar perairan ini. Tapi jika anda ingin menyelam bisa menuju mulut Kabui (perairan luar teluk Kabui). Disini anda bisa menemui anek terumbu karang nan cantik, dan beragam biota laut. Bahkan, anda bisa menemui Ikan Pari Manta disini. Merapatlah sebentar ke Pulau Kri yang tidak jauh dari Kabui, tuk menikmati keindahan bawah laut. Ya, Kabui hanya satu dari sekian banyak destinasi wisata alam lainnya yang tersebar di Negeri ribuan Pulau ini.

yeaa,, Sampai juga  di Teluk Kabui, saatnya berkeliling b^_^

yeaa,, Sampai juga di Teluk Kabui, saatnya berkeliling ^_^

IMG_6692 IMG_6698

IMG_6710

IMG_6722

IMG_6726

IMG_6737

IMG_6741

IMG_6803

Rajawali Raja Ampat

Rajawali Raja Ampat

IMG_6809

 IMG_6813

IMG_6858

IMG_6819

Selain Kabui, di Pulau Misool pun bertebaran pulau-pulau karang yang sama indahnya. Dalam perjalanan pulang ke Waisai, kami pun menyempatkan diri untuk singgah di perkampungan Saporkren, yang berjarak 30 menit dari Waisai. Disini, anda bisa menikmati pasir putih, atau iseng mandi atau bersnorkling. Atau sekedar bersantai di pinggir pantai. Siang itu, anak-anak kampung desa ini terlihat asik bermain di dermaga. Biru langit yang cerah, serasi dengan birunya laut yang masih jernih tersebut. Kalau anda ingin mengunjungi perkampung adat, anda bisa mengunjungi kampung Mayalibit, Mansuar, Sawingrai, dan Arborek.

Goodbye Kabui

Goodbye Kabui

Saporkren Village

Hallo ^_^

Hallo ^_^

Sarpokren Village

Sarpokren Village

IMG_6948 IMG_6961

IMG_6971

 

IMG_6972

IMG_6976

IMG_6983

 

IMG_7008

 

IMG_7025

 

IMG_7034

 

IMG_7044

 

Waiwo,menyusul….:D

4 thoughts on “Kabui, Tebaran Pulau Karang Nan Eksotis

      • Halo…untuk lokasi tepatnya sarang saya tdk terlalu hafal. Yg pasti kabui tdk terlalu luas, dan batu karang yg menjadi sarang begitu unik. Bentuknya menjulang tinggi keatas seperti menara. Jadi bisa mudah untuk dikenali. Untuk lebih detail mungki bisa ditanyakan ke penduduk lokal yg mengantarkan anda ke kabui nanti..mereka kemungkinan tau letaknya. Maaf tak bisa membantu lbh banyak…thank u…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s