620 Anak Tangga Galunggung, hosh..hosh… (Tasikmalaya)

Sensasi Menanjak 620 Anak Tangga

 Juni 2012

Buah menanjak 620 anak tangga, Kawah Galunggung, biasanya warna danaunya biru muda, pasca gempa vulkanik skrg warnanya masih hijau, tapi tetap indahhhhh ^_^

Buah menanjak 620 anak tangga, Kawah Galunggung, biasanya warna danaunya biru muda, pasca gempa vulkanik skrg warnanya masih hijau, tapi tetap indahhhhh ^_^

 
Usai ditetapkan aman oleh pemerintah pasca aktivitas vulkanik Mei 2012, banyak masyarakat yang masih bertanya-tanya apakah Gunung Galunggung sudah aman untuk dikunjungi? Jawabannya, tentu saja iya. Kondisi Gunung kebanggaan masyarakat Tasikmalaya ini sudah kembali normal.

 

yuk kita tanjak 620 anak tangga menuju Kawah Galunggung

yuk kita tanjak 620 anak tangga menuju Kawah Galunggung

Gunung dengan ketinggian 2.167 mdpl ini masih menyimpan keindahan alam yang mengagumkan. Salah-satunya, danau yang berada di Kawah Galunggung. Untuk menjangkau puncak kawah, anda harus menanjak 620 anak tangga. Tantangan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri, yang ditawarkan Galunggung kepada siapa saja yang bertamu. Siang itu, terlihat para pengunjung pelan-pelan mendaki anak-anak tangga tersebut. Tak mau ketinggalan, kami pun turut mendaki tangga yang menjulang tinggi hingga ke puncak tersebut. Bahkan, dari kejauhan pun tangga putih ini sudah bisa terlihat seolah membelah gunung menjadi dua.

Ditengah-tengah pendakian kami, terlihat beberapa pengunjung yang kelelahan beristirahat sejenak. Ada yang berhenti menormalkan nafas yang sudah ngos-ngosan, ada pula yang duduk di tangga merenggangkan kaki yang agak pegal. Kami pun demikian🙂, sedikit istirahat, kemudia lanjut mendaki, lelah datang kembali atur nafas, dan kembali menanjak, begitu seterusnya. Tenang,,Tak perlu takut kehausan ditengah pendakian, karena terdapat warung kecil yang menjual beragam minuman ringan yang terletak di anak tangga ke-355. Usai beli minum, anda bisa kembali lanjut mendaki. Adapula yang istirahat sejenak sambil, berfoto-foto di tangga. Sayangnya, pegangan tangga yang terbuat dari besi, beberapa bagian terlihat sudah mulai keropos, bahkan ada yang sudah hilang.

Semangattt...!! masih 300an anak tangga lagiihhh...

Semangattt…!! masih 300an anak tangga lagiihhh…

Ngasooo dulu lahhh

Ngasooo dulu lahhh

Tak sampai 20 menit, kami tiba di finish. Rasa lelah pun terbayarkan dengan keindahan puncak kawah yang menganggumkan. Danau berwarna hijau muda menghiasi kawah tersebut. Sebelumnya, danau ini berwarna biru muda namun akibat gempa vulkanik danau berubah warna menjadi hijau, namun tidak mengurangi keindahannya. Dari puncak ini, anda bisa melihat pemandangan Kota Tasikmalaya dari ketinggian, begitu indah. Sesekali kabut, menuruni kawah menghembuskan hawa dingin yang menyejukkan. Beberapa warung berjejer di kawasan kawah, siap menyajikan minuman hangat untuk anda. Usai membeli air mineral, kami pun mengorder segelas kopi susu panas. Menyeruput kopi panas, dengan ‘bala-bala’ (bakwan) hangat sambil menikmati keindahan puncak kawah Galunggung , ditengah dinginnya hawa puncak, merupakan perpaduan yang mantap.

“Sempat dengar juga berita status siaga Galunggung, tapi saya tidak takut, dan ternyata benar aman-aman saja. Naik tangganya agak cape tapi terbayar karena pemandangannya sangat bagus,” ungkap Eva Haryani, 57 tahun asal Bandung yang terlihat begitu bersemangat menggendong cucu lelakinya yang berusia 18 bulan menuruni anak tangga.

Sejenak menikmati Kawah Galunggung ^_^

Sejenak menikmati Kawah Galunggung ^_^

Kawah Galunggung dari sisi lain, warung2 berjejer siap menghidangkan minuman hangat bagi yang kedinginan dan kehausan...Bagi yang pengen ke danau, ada tangga lagi tuk turun kebawah lochhh..

Kawah Galunggung dari sisi lain, warung2 berjejer siap menghidangkan minuman hangat bagi yang kedinginan dan kehausan…Bagi yang pengen ke danau, ada tangga lagi tuk turun kebawah lochhh..

Usai lelah mendaki kawah, anda bisa kembali turun dan menikmati mandi dan berendam air panas di kawasan Cipanas yang terletak 4 km sebelum kawasan Kawah Galunggung (20 menit berkendara dari kawah). Di kawasan pemandian ini terdapat tiga jenis kolam renang dengan beragam ukuran dan kedalaman. Kolam dewasa dengan kedalaman 1,25 meter, kolam anak-anak 70 cm, kolam balita selutut. Airnya begitu hangat dan nyaman untuk bermain.

Jika ingin yang lebih private, tersedia 8 kamar kolam rendam air panas yang bisa anda sewa dengan hanya merogoh kocek Rp3000 peorang, tanpa batasan waktu pula. Berendam air panas, dipercaya berkhasiat baik bagi kesehatan, mulai dari terapi untuk penyakit jantung, epilepsi, rematik. Tingkat Panas airnya pun bisa diatur-atur sesuai keinginan. Bagi para penggemar paralayang juga bisa menikmati olahraga tersebut disini, dengan titik terjun di Kawah menuju titik darah kawasan cipanas. namun, untuk olahraga ini anda harus membawa perlengkapan sendiri, dan anda bisa menyewa jasa angkut penduduk setempat untuk membawa keperluan anda menuju kawah.

 

INFO

– Masuk Kawasan Galunggung Rp4000 perorang (termasuk kawah dan pemandian Cipanas)

– Sebaiknya memakai jaket karena udara sekitar gunung Galunggung cukup dingin.

– Tidak ada penginapan di dekat kawasan wisata, jadi anda sebaiknya menginap di daerah kota.

 

Berburu kerajinan Rajapolah

 

Usai puas menikmati keindahan Galunggung, saatnya berburu oleh-oleh kerajinan khas Tasikmalaya di daerah Rajapolah. Destinasi favorit para pecinta kerajinan khas anyaman ini bisa ditempuh dengan berkendara selama 45 menit dari kawasan Galunggung lewat Cisayong atau  30 menit dari Kota Tasik.

Kerajinan tangan dari anyaman Mendong dan Pandan menjadi salah-satu primadona yang ditawarkan beragam toko disini. Anyaman mendong merupakan khas Rajapolah yang biasa dibuat untuk tikar, tas, dan lainnya yang dikenal berbahan kuat dan tahan lama, begitu pun dengan anyaman pandan yang lilitannya mampu dibuat tas-tas cantik ada yang dengan teknik lilit, sulam anyaman, menghasilkan motif yang cantik. Tas-tas anyaman mulai dari tas selempang, tas tangan, ini dibandrol Rp25 ribu hingga Rp120 ribu. Disini, anda bisa memperoleh harga tiga kali lipat lebih murah ketimbang membeli di daerah Kota Besar.

 

“Saya suka membeli tas dan sendal. Disini banyak pilihan dan produknya awet,” ungkap Ane, 23, Karyawan Swasta yang datang dari Jakarta.

Selain tas, sendal khas tasik juga menjadi incaran para pengunjung. sendal disini dibuat dari olahan karet mentah dan dipadukan dnegan kulit dengan beragam motif cantik. Bahan-bahan itu dikenal kuat dan tidak mudah rusak. Sendal kulit ini dibandrol dengan harga Rp85 ribu. Dijual pula sapu ijuk, tempat cucian dari anyaman. Dan aneka asesoris seperti dompet, kalung, gelang dan hiasan seperti vas dan hiasan perahu dari kayu jati, aneka patung unik, dan kaligrafi. Tak ketinggalan, permainan-permainan tradisional seperti congklak, gangsing, dan lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk bermain anak.

 

Kebanyakan produk disini merupakan hasil kreasi masyarakat di sekitar daerah Rajapolah. Anda pun harus pintar-pintar menawar produk-produk disini, terutama jika anda membeli borongan akan lebih murah. Dijamin anda akan dibuat gemas untuk memborong kerajinan-kerajinan unik ini.

 

Masjid Tua Manonjaya

 

Jika berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Masjid Agung Manonjaya, di Desa Manonjaya. Masjid Tertua di Tasikmalaya ini bisa anda tempuh dengan berkendara selama 30 menit dari pusat Kota. Masjid Agung ini didirikan tahun 1837. Masjid seluas 1.250 meter persegi ini menjadi salah-satu kawasan cagar budaya di Tasikmalaya.

 

Dari segi arsitekturnya, Masjid Agung Manonjaya ini begitu kental dengan nuansa neoclassic khas bangunan Eropa. Tak lepas dari sentuhan art deco, ciri arsitektur bangunan di negeri Belanda. Perpaduan aristektur tradisional Sunda dan Jawa juga menghiasi masjid ini.  Sayangnya, saat ini masjid agung ini masih dalam proses pemugaran pasca hancur diterpa gempa tahun 2009 lalu. Namun, anda masih bisa menikmati sebagian keindahan dan keunikan bangunan ini.

Tak jauh dari sana jika, anda ingin meneruskan perjalanan menuju arah Ciamis, Anda bisa melewati jalur Cirahong sebagai alternatif jalur mudik anda. Disini, anda akan merasakan pengalaman menarik menyeberang Jembatan Tua Cirahong yang lokasinya bisa ditempuh 10 menit dari Masjid Manonjaya.

 

Merapat Ciamis menuju Cirebon, kita lewati Jembatan Tua Cirahong berumur ratusan tahun buatan Belanda.. Dibagian atas rel Kereta, dan dibawahnya untuk kendaraan lewat. Gagah dan kokohnyaaa..

Merapat Ciamis menuju Cirebon, kita lewati Jembatan Tua Cirahong berumur ratusan tahun buatan Belanda.. Dibagian atas rel Kereta, dan dibawahnya untuk kendaraan lewat. Gagah dan kokohnyaaa..

 

hanya muat ukuran satu kendaraan roda empat, jadi yang mau lewat kudu antri boww, panjang jembatannya 200 meter di ketinggian 150 meter dari sungai dibawahnya, seruuu...,

hanya muat ukuran satu kendaraan roda empat, jadi yang mau lewat kudu antri boww, panjang jembatannya 200 meter di ketinggian 150 meter dari sungai dibawahnya, seruuu…,

Jembatan berusia ratusan tahun yang dibuat oleh Belanda ini merupakan jembatan dwifungsi. Selain sebagai jembatan penyebrangan untuk kereta api dibagian atasnya, dibagian bawahnya digunakan unutk penyeberangan kendaraan bermotor. Namun jembatan sepanjang 200 meter yang menjadi perbatasan tasikmalaya-Ciamis ini hanya mampu dilalui satu kendaraan roda empat. Alhasil, diantara ujung jembatan terdapat pos untuk mengatur pergantian laju kendaraan. Melewati jembatan dengan ketinggian 150 meter dari permukaan Sungai Citandui ini begitu menarik dan menjadikan pengalaman yang unik diperjalanan anda.

 

*masih banyak foto yang belum terupload, menyusull,,,:)

 

 

2 thoughts on “620 Anak Tangga Galunggung, hosh..hosh… (Tasikmalaya)

  1. Assalamu’alaikum wr.wb
    Saya asli orang tasikmalaya,tepatnya berasal dari desa benjan.di kampung saya terdapat masjid yang di dirikan tahun 1919,nama masjidnya masjid al falah.tetapi sampai saat ini belum banyak di ketahui orang.apalagi pemerintah kabupaten
    sekian
    &

    Terimakasih

  2. Haloo mbak iseng iseng browsing eh dapet tulisan ini
    Saya tertarik sekali dengan cerita perjalanan mbak
    Boleh sharing pengalaman nya?
    Saya berencana mau explore wilayah jabar dan sekitarnya dl hehe
    Thanks ya

    Yuki 081218291768 WA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s