Menyaksikan Kepompong Kupu-Kupu Menetas

Juni 2012

Bog-Bdg-Ciwidey 042

 

Ratusan Kepompong-kepompong beraneka warna, bentuk, dan ukuran bergelantungan tenang di rangkaian kawat besi di sebuah bangunan di pojok taman. Tak beberapa lama sebuah kepompong kecil berwarna hitam kecoklatan terlihat bergetar. Anak-anak dan orangtua yang saat itu sedang asik bercengkraman didekatnya pun mulai penasaran dan mendekati kepompong tersebut. Mereka memperhatikan dengan seksama, beberapa memotret kepompong yang segera melahirkan kupu-kupu tersebut.

 

Menyaksikan kepompong yang menetas di Rumah Kepompong :D

Menyaksikan kepompong yang menetas di Rumah Kepompong :D

 

Tak beberapa lama, kupu-kupu hitam cantik dengan sedikit guratan kuning menyala dari sayapnya perlahan-lahan keluar dari bungkus kepompongnya. Pengunjung sekelilingnya dibuat takjub. Maklum, pemandangan seperti ini memang jarang ditemui, terlebih di kota-kota besar. Tapi, jika anda berkunjung ke Taman Kupu-kupu di Cihanjuang, Bandung, Jawa Barat ini anda berkesempatan menjadi saksi proses metamorfosis serangga cantik ini.

Ya, berlibur memang bukan hanya urusan berkeliling dan bersenang-senang, tapi sebaiknya diisi dengan wisata yang mampu menambah wawasan pengetahuan kita akan alam. Terutama bagi anak-anak, supaya bisa menjadi tempat belajar kedua setelah sekolah.

Di kota besar dengan minimnya taman-taman bunga, mempuat makhluk indah ini begitu sulit untuk ditemui. Tapi disini, anda bisa menemui beragam kupu-kupu dan serangga. Lokasinya pun mudah dijangkau hanya 45 menit dari gerbang Tol Pasteur.

Anak-anak tak hanya bisa melihat langsung kupu-kupu cantik. Mereka bahkan bisa melihat langsung proses metamorfosis di Rumah Kepompong. Bangunan sederhana di pojok dalam taman kupu-kupu ini menyimpan sekitar 15 jenis kupu-kupu yang masih berbentuk puluhan kepompong dengan beragam bentuk, warna, dan ukuran yang beberapa didapat dari penelusuran taman dan ada juga yang berasal dari penangkaran lain. Salah-satu yang menarik adalah kepompong kupu-kupu Siramarama atau Attacus atlas yang ukurannya paling besar dari kepompong lainnya.

 

 Siramarama

Siramarama

 

“Tak hanya keindahan tamannya. Anak-anak juga bisa belajar metamorfosis secara langsung, yang biasanya mereka hanya bisa melihat gambar dari buku pelajaran, ” Ungkap Arim Susilo, 40 tahun, yang cimahi.

 

Saat kami berkunjung ke Taman seluas 800 meter persegi ini, para pengunjung begitu menikmati waktunya berkeliling taman. Ada yang berkeliling, berfoto bersama, dan adapula yang asik mencari tahu beragam kupu-kupu yang ada disekitarnya. Saat ini, Taman ini menyimpan 50 jenis kupu-kupu. Yang keseluruhannya kupu-kupu dari berbagai wilayah nusantara. Salah-satu kupu-kupu yang paling banyak ditemui disini adalah jenis Troides helena atau yang akrab disebut kupu-kupu sayap burung kuning. Disebut demikian, dikarenakan bentangan sayapnya yang lebar dan dihiasi motif kuning menyala. Terdapat pula, belalang lainnya seperti Belalang Ranting (Phobaeticus chani), dan Belalang Daun, yang unik berbendtuk daun dan lihai menyamar .

 

Bog-Bdg-Ciwidey 037

 

Namun, saat pengunjung datang ke taman ini, ada beberapa peraturan yang harus dijalani. Antara lain, bagi yang berada di rumah kepompong dilarang untuk menyentuh kepompong, jika menemui kupu-kupu yang baru keluar dari kepompong dilarang menyentuh sayapnya. Saat berkelililng pun,anda tidak boleh menyentuh sayap kupu karena dikenal begitu renta. Adapun tidak diperkenankan merokok, membawa minum dan makan, dan terutama tidak boleh merusak bunga dan pepohonan.

Bangunan Utama Taman Kupu-kupu pun begitu unik. Dimana,seluruh dinding hingga atap dirangkai dengan genteng-genteng coklat bagai menyelimuti. Tak ketinggalan, Hiasan kupu-kupu berukuran besar hinggap di atas pintu menuju taman kupu-kupu.  Taman ini pun diisi berbagai bunga cantik. Mulai dari bunga Pagoda, yang dikenal sangat disukai kupu-kupu, bunga sepatu, bunga kenikir, bunga Sonia, Bunga Asoka, dan aneka bunga lainnya yang berwarna cerah untuk menarik perhatian kupu-kupu. Tak ketinggalan aneka kupu-kupu yang beterbangan dan bunga-bunga cantik dan pepohonanrindang, ditata dalam taman dengan desain yang menarik. Anda bisa bersantai, menikmati keasrian taman yang indah. Jangan lupa mengenakan topi lebar yang diberikan saat masuk gerbang. Topi dengan warna cerah ini diharapkan bisa mengundang kupu-kupu untuk mendekati anda.

Kawasan wisata yang terbilang baru ini memang menawarkan pemandangan taman yang indah, bahkan sejak gerbang masuk. Sebelum berkeliling taman kupu-kupu, anda akan disambut dengan jalan setapak yang cantik.  Gazebo-gazebo cantik pun berderet di sekitar kawasan ini. Anda dan keluarga bisa asik duduk-duduk beristirahat sambil menikmati taman indah. Atau anda bisa berjalan kaki sambil menelusuri taman yang dipenuhi deretan bunga kamboja yang segar. Jangan ketinggalan,sebelum beranjak berburu souvenir serba kupu-kupu untuk dibawa pulang.

 

Info

- Lokasi:  Jl. Raya Cihanjuang Km 3,3 No. 58, Parongpong, Bandung.

- Buka : 08.00 hingga pukul 17.00 WIB

- Tiket : Rp20 ribu/ orang + Souvenir (pin) (Mungkin sekarang ada perubahan harga sedikit. )

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s